Sayuran Dengan Kandungan Antioksidan Tinggi Setelah Dimasak

Zat antioksidan memang menjadi salah satu zat yang dibutuhkan orang untuk menjaga kesehatan sel – sel tubuh dari kesukaran karena pengaruh radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, mulai dari masalah yang dapat membuat kulit awet muda sampai untuk mencegah kanker. Paparan radikal bebas dapat berasal dari berbagai  macam hal, seperti halnya karena polusi, radiasi, rokok, sinar ultraviolet,  dan bahkan proses metabolisme alami dari dalam tubuh.

Kamu bisa memperoleh antioksidan dari buah dan sayur. Buah dan sayuran tersebut pada umumnya memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan lebih banyak, namun untuk beberapa jenis sayuran memiliki kandungan antioksidan yang tinggi justru setelah melalui proses masak. Berikut informasinya:

Sayuran Dengan Kandungan Antioksidan Tinggi Setelah Dimasak

 

 

Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis buah yang bisa langsung dimakan secara mentah. Namun ternyata tomat ini akan dapat meningkat kandungan nutrisinya ketika terkena suhu panas atau dengan dimasak. Tomat memiliki kandungan vitamin C dan likopen yang tinggi, kandungan likopen dari dalam tomat ini akan meningkat tinggi ketika dimasak.

Menurut Journal of Agricultural and Foof Chemistry, penelitian menemukan bahwa memasak tomat jauh lebih bermanfaat dibandingkan dimakan mentah. Kandungan likopen ini sendiri dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan resiko akan penyakit kanker serta dapat meningkatkan respon syaraf.

 

Brokoli

Untuk sayuran hijau yang satu ini memang sebaiknya dikonsumsi setelah dimasak terlebih dahulu, pasalnya selain karena rasanya yang cukup aneh ketika dimakan mentar, ternyata berbagai macam kandungan nutrisinya akan meningkat setelah melalui proses masak. Brokoli salah satu sayuran yang dikenal sebagai sayur detoks yang dapat melunturkan racun dari dalam tubuh.

Menurut hasil penelitian menemukan bahwa brokoli memiliki kandungan senyawa karotenoid, glucosinolat, luteinn, polifenopl, dan tocopherol yang dapat menurunkan inflamasi pembuluh darah sehingga dapat menurunkan kemungkinan akan resiko penyakit kanker. Menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry mengemukakan bahwa dengan merebus atau pun mengukus sayur brokoli ini juga terbukti dapat meningkatkan karotenoid dan lutein.

 

Wortel

Sayur  wortel dikenal sebagai sayuran dengan kandungan vitamin A yang tinggi, beta karoten dan berbagai macam mineral. Sayur wortel ini juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi ketika melalui proses masak. Menurut Juornal of Agricultural and Foof Chemistry juga mengungkapkan bahwa dengan merebus, mengukus atau pun menumis wortel dapat meningkatkan kandungan karotenoid, glucosinolat, polifenol dan juga vitamin C dari sayuran wortel.

Selain itu penelitian juga menemukan bahwa peningkatan kandungan antioksidan dapat meningkat 14 persen lebih tinggi dibandingkan ketika dalam keadaan mentah. Namun hal ini juga berbeda ketika wortel di goreng, pasalnya justru akan dapat menurunkan kadar antioksidan karena pengaruh minyak walaupun pada awalnya memang meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *