Makanan Penurun Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Makanan Penurun Kadar Kolesterol Dalam Tubuh
Makanan Penurun Kadar Kolesterol Dalam Tubuh
Penyakit kolesterol menjadi penyakit yang dapat menyerang siapa saja. Dan bahkan untuk wanita yang memiliki badan kurus pun juga bisa terkena resiko akan kolesterol.
Kolesterol pada dasarnya memang sudah ada secara alami di dalam tubuh manusia, namun jumlahnya dapat meningkat seiring dengan berbagai makanan yang dikonsumsi. Kolesterol jahat yang tertimbun dalam pembuluh darah dapat memicu munculnya serangan jantung.
 
Untuk mengetahui makanan apa saja yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berikut ini informasinya.
 
Bawang Putih
 
Bawang putih sudah dikenal sejak dari dulu dapat dipercaya untuk meningkatkan kesehatan dan stamina tubuh manusia. Dan bahkan sampai saat ini pun banyak orang yang memanfaatkan bawang putih untuk menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah pembekuan darah dan juga melindungi tubuh dari infeksi.
 
Melindungi Tubuh dari Infeksi
 
Bahkan ada pula sebuah penelitia
n yang membuktikan bumbu rempah yang digunakan sebagai pelengkap masakan ini dipercaya mampu mencegah berkembangnya molekul kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah.
 
Kacang Mede, Kenari dan Almon
 
Beberapa kacang – kacangan diatas merupakan bahan makanan rendah lemak yang memang sangat baik untuk kesehatan jantung karena mengandung lemak tak jenuh tunggal. Jenis kacang – kacangan tersebut juga dipercaya memiliki kandungan vitamin E, pgytochemical dan magnesium.
 
Teh
 
Menjadi minuman yang kaya akan kandungan antioksidan yang mampu membersikan rasa nyaman dan tenang pada pembuluh darah agar terhindar dari pembekuan darah. Selain kaya akan kandungan serat, teh juga mengandung antioksidan seperti halnya flavonoid yang mampu mencegah oksidasi yang dapat menyebabkan penimbunan kolesterol jahat yang menumpuk pada pembuluh darah.
 
Cokelat
 
Cokelat selain dijadikan sebagai camilan, cokelat ternyata sehat untuk tubuh. kamu bisa memilih cokleag hitam yang memiliki rasa yang cukup pahit. Cokelat ini memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid.
 
Minyak Zaitun
 
Minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang mampu menurunkan LDL kolesterol atau lemak jahat dan menaikkan HDL kolesterol. Orang yang memiliki kolesterol tinggi harus menurunkan LDL dan meninggatkan HDL dimana produk zaitun pada salad untuk menaikkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.
 
Oatmeal dan Makanan Berserat Tinggi
 
Oatmeal memiliki kandungan serat larut yang mampu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Serat yang dapat larut ini mampu mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Dengan mengkonsumsi 10 gram oatmeal mampu mengurangi total kolesterol termasuk LDL koleterol.
 
Almond
 

 

Kacang almond merupakan camilan yang kaya akan kandungan dua zat yang dapat melawan kolesterol: flavonoid dan vitamin E. Antioksidan yang satu ini dapat mengurangi penumpukan plak pada arteri/ pembuluh darah. Untuk bisa memperoleh hasil yang maksimal, pilihlah almond yang mentah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *